Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sejarah jaringan nirkabel


Jaringan nirkabel adalah komunikasi yang dilakukan tanpa menggunakan kabel. Penggunaannya tanggal kembali beberapa abad. Pada tahun 1820, Hans Christian Oersted dan Andre-Marie Ampere menemukan elektromagnetisme, yang merupakan manifestasi dari kedua bidang listrik dan magnetik. Kemudian, pada tahun 1832, Joseph Henry dan Samuel F.B. Morse telah menunjukkan bagaimana listrik bekerja telegrafi, yang merupakan sebuah telegraf yang menggunakan sinyal listrik yang disampaikan melalui saluran telekomunikasi atau radio.



Telegraf mulai membuat penampilan mereka di tahun 1940-an ketika jaringan yang dibangun di California dan di Pantai Timur Amerika Serikat. Ini segera diikuti oleh kabel transatlantik pertama didirikan pada tahun 1858, penyebaran teknologi nirkabel oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1864 dan kemudian percobaan radio-telegraf dilakukan oleh Marconi dan Popov. Seperti yang Anda lihat, teknologi yang kita miliki saat ini semua memiliki dasar dalam penemuan dan kreasi dari para ilmuwan beberapa dekade lalu.

Jaringan nirkabel yang digunakan untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi pada hari-hari, seperti mengapa kita menggunakannya hari ini. Pada saat-saat ketika orang dipisahkan oleh perang, jaringan nirkabel menjadi bentuk utama komunikasi. Itu juga merupakan metode menerima dan mengirimkan informasi. Orang-orang Amerika disebut radio juga, radio, tapi Inggris menyebutnya nirkabel. Keduanya berarti hal yang sama dan bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik dari stasiun pemancar. Salah satu dari beberapa pertama yang menggunakan 'wireless' istilah adalah British Broadcasting Company seperti terlihat dari panduan program mereka disebut "The Radio Times" pada tahun 1923.

Saat ini, ponsel mungkin merupakan bentuk paling umum dari jaringan nirkabel. Setiap orang memiliki satu hari ini, beberapa bahkan anak-anak yang bahkan belum mencapai usia remaja. Telepon yang digunakan tidak hanya sebagai bentuk komunikasi hari ini tetapi juga sebagai metode memperoleh update dan informasi dan sebagai alat hiburan. Satelit adalah bentuk lain dari jaringan nirkabel, memungkinkan kita untuk menonton tv kabel dan untuk menerima program yang sedang ditampilkan langsung di bagian lain dari dunia. Layanan darurat juga memanfaatkan jaringan nirkabel. Polisi dan departemen penyelamatan menggunakan jaringan nirkabel untuk menerima dan mengirimkan informasi dengan cepat. Dan tentu saja ada internet. Kami terhubung ke wide web di mana semuanya dimungkinkan, baik itu berbelanja, menghibur atau perbankan. Jaringan nirkabel memang membuat hidup mudah, berkat teknologi nenek moyang yang telah membentuk penemuan besar seperti di yesteryears.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar