Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

9. Komponen utama pembangun jaringan wireless

sama halnya seperti membuat jaringan LAN, membuat jaringan wireless pun dibutuhkan komponen komponen penunjang agar bisa saling berkomunikasi. Berikut penjelasannya :

1. PC Personal Computer)
Tentu tidak asing lagi ditelinga sobat sobat kan, baik dalam jaringan LAN maupun jaringan WireLess PC ini adalah komponen nomor satu yang harus dipersiapkan. Saya sarankan untuk
penggunaan Server sebaiknya menggunakan PC yang kemampuannya bisa diandalkan. Tetapi untuk Client sendiri boleh PC, Laptop, NoteBook, atau peralatan gadget lainnya yang sudah terintegrasi dengan peralatan wireless.

2. WLAN CARD
sama halnya LAN Card dijaringan LAN, dijaringan Wireless pun NIC dibutuhkan untuk pc karena di Laptop, NoteBook, dan gadget lainnya sudah mempunyai WLAN Card yang sudah terintegrasi dengan peralatannya. Akan tetapi bedanya dengan LAN Card terdapat dibagian media transmisinya, kalau LAN Card mempunyai port untuk menghubungkan dengan kabel jaringan, WLAN Card ini mempunyai sebuah antena kecil yang berfungsi untuk menerima sinyal wireless.
3. Antena
adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirim sinyal maupun menerima sinyal wireless dengan jarak yang jauh, biasanya jarak antar antena satu dengan antena lainnya yang dekat berjarak 10 KM. Terdapat banyak jenis antena yang digunakan, berikut adalah jenis jenis dari antena tersebut, yaitu :
a. Antena Grid
bentuknya menyerupai parabola tetapi ukurannya kecil. Antena ini hanya berupa satu jalur saja yang menghubungkan antar jaringan berupa Line on Sight artinya antara antena yang satu dengan antena yang kedua harus saling berhadapan dan tanpa penghalang apapun. Hubungannya dalah secara point to point yang artinya satu ke satu.
b. Antena Omni
antena ini bentuknya tegak lurus keatas, pancaran sinyalnya berupa 360 derajat. Hubungannya adalah dengan cara point to multipoint artinya satu pancaran sinyal bisa dialirkan kearah mana saja dalam daya jangkau max 10 KM.
c. Antena Sectoral
antena jenis ini hampir sama dengan jenis omni, tetapi bedanya dari dya pancaran sinyalnya hanya sampai 180 derajat sesuai dengan bagian arah depan antena itu sendiri, sedangkan yang bagian belakangnya tidak ada sinyal. Hubungannyapun sama secara point to multipoint . Ada baiknya pemasangan antena ini lebih tignggi lebih kuat sinyalnya.
d. Antena Parabolik
bentuknya seperti parabola tetapi ukurannya lebih kecil dengan tidak mempunyai lubang lubang. Antena ini biasa digunakan apabila kita berlangganan internet TV.
e. Antena Yagi
bentuknya seperti antena televisi pada tiang tiang besi atau bambu yang bercabang cabang. Hubungannya adalah secara point to point secara direksional. Antena jenis ini relatif lebih murah dari antena yang lainnya.
Nah silakan sobat pilih sendiri jenis antena yang ingin digunakan untuk membangun jaringan wriless.

4. Router Wireless
sama halnya seperti router dijaringan LAN, dijaringan Wirelesspun dibutuhkan yang namanya wireless, tetapi wireless disini yang berbentuk wireless, yaitu dengan menggunakan antena (baik itu satu maupun dua buah atau bahkan lebih). Untuk fungsinya sama, bisa dilihat dipostingan sebelumnya.
Nah kurang lebih seperti itu komponen komponen inti untuk membangun jaringan wireless.
Terima kasih
semog bermanfaat...
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Noell_vb mengatakan...

numpang lewat om...

Poskan Komentar